Minggu, Desember 13, 2009

Melakukan Kesalahan Yang Sama

Membaca berita olahraga tentang timnas sepakbola kita, yang tak juga mencuat prestasinya, dengan pola pelatihan yang sejak hampir limabelas tahun yang lalu masih begitu-begitu saja, membuat hati miris. Coba bayangkan saja kalau sejak dari zaman PSSI Primavera pertengahan tahun 90-an sampai sekarang tetap saja solusi pembinaan pemain usia muda adalah dengan mengirimkan keluar negeri.

Bahkan setelah berkali-kali tak ada prestasi yang mencuat tetap saja PSSI mengirimkan pemain-pemain muda untuk berlatih keluar. Aneh.

Tapi tidak juga, kalau dipikir-pikir lagi. Aku juga melakukan kesalahan yang sama. Seringkali malah. Sampai seperti lagu band Kerispatih. Tentu saja yang mereka nyanyikan adalah tentang kesalahan yang sama sehingga menimbulkan persoalan cinta. Ha ha ha...





Seperti memfoto produk seperti ini. Bahkan setelah beberapa kali percobaan aku tetap masih melakukan kesalahan yang sama. Entah itu lighting fall-off yang kurang tepat. Entah itu background yang kurang rapi.

Artinya memang aku tahu aku seharusnya membuat catatan teknis tentang foto-foto yang kulakukan dan kuhasilkan agar tidak mengulang lagi dari awal. Jadi bila memfoto helm aku sudah punya setting pencahayaan yang default sebagai titik awal memulai. Nah bila hasil review foto dirasakan kurang memuaskan maka segeralah bisa dilakukan perubahan.

Tapi dasar aku bodohnya melebihi keledai. Tetap saja aku mengulang dari awal. Tetap saja memikirkan lagi dari awal apa dan bagaimana setting lampu yang harus dilakukan bila itu helmet, shoes, jacket, dan lainnya.

Ingatkan aku untuk berubah karena aku orang yang keras kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

what is it?