Selasa, Agustus 31, 2010

Sekali Lagi Makan Hati

Memang terasa bahwa kelemahan kami adalah soal prosedur yang tak dibakukan dalam bentuk tertulis yang kemudian diberitahukan ke semua bagian-bagian di kantor. Selama ini prosedur hanya diberitahukan secara lisan. Tetapi ingat bahwa prosedur yang harus ditaati juga tidak berbelit-belit ataupun mempersulit.

Hanya saja kebanyakan orang cenderung mengabaikan dan menganggap enteng dan tak disiplin. Menyenangkan sekali bekerja seperti ini. Orang bisa bekerja dengan sekedarnya lalu mengabaikan saja hal-hal yang dianggap bukan bagian dari tanggung jawabnya.

Salah satu hal yang menjadi kelemahan dari kegiatan pekerjaan seperti ini adalah bahwa tidak adanya evaluasi terhadap kinerja. Kelemahan berikutnya terkait ketiadaan evaluasi ini adalah tak ada sistem reward and punishment yang jelas. Orang bisa abai pada pekerjaan, bisa bekerja setengah hati, asal-asalan, dan tetap saja didiamkan.

Aku pernah mencoba melakukan evaluasi tetapi tentu saja tanpa ada dukungan dari atasan terhadap usaha "perbaikan" yang aku lakukan, semuanya jadi mentah lagi.

Menyenangkan. Sekali. Bekerja. Seperti. Ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

what is it?