Jumat, Agustus 01, 2008

Minum Kopi

Memang enak minum kopi saat santai sebentar. Apalagi bila kopi hitam yang diseduh dengan air yang baru mendidih. Aorma kopi keluar dan membuatku ingin segera minum (meskipun berbahaya karena airnya terlalu panas).

Membayangkan kenikmatan dari segelas kopi hitam panas sungguh membuat perasaan senang. Entah kenapa. Mungkin karena aku mengasosiasikan pengalaman minum kopi dengan suatu pengalaman yang bernilai positif.

Saranku buatmu, Pembaca, seduhlah kopi dengan air yang baru mendidih.

Kalau kita menuangkan air panas yang baru mendidih ke bubuk kopi pelan-pelan sampai gelas terisi 3/4 takaran lalu diaduk sampai kira-kira merata sebelum ditambahkan air lagi sambil terus diaduk sampai takaran penuh. Melihat busa yang muncul dan gelembung-gelembung udara yang naik ke permukaan dan pecah, itulah pertanda kopi yang enak. Setidaknya, busa/buih yang muncul itu sebagai pertanda kopi masih segar dan gilingan baru. Itu informasi dari Pak Wid, pemilik Kopi Aroma di Jalan Banceuy, Bandung. Artinya, kopi yang nikmat itu bila diseduh dengan air mendidih lalu diaduk akan mengeluarkan busa, sekaligus pertanda bawa kopi itu masih segar.

Saran beliau lagi, kalau setelah digiling, usahakan habis dalam dua minggu saja. Bila disimpan, simpan dalam wadah tertutup rapat, di tempat sejuk (bukan lembab). Lebih bagus disimpan di kulkas. Tapi tetap usahakan jangan menyimpan terlalu lama karena kenikmatan citarasanya akan semakin berkurang seiring dengan jalannya waktu.

Artinya, beliau juga menyarankan untuk membeli sesuai kemampuan konsumsi kita. Bila aku (misalnya) memakai 15 gram bubuk kopi per seduhan, maka untuk pemakaian dua minggu (dengan dua gelas per hari) adalah:

15 gr/gelas x 2 gelas/hari x 14 hari/beli = 420 gr/beli !

Penjelasan yang gampang kan?

Dan dengan demikian aku akan selalu medapatkan kopi segar baru giling tiap dua minggu sekali.

Briliant!!!

ADDED : 2008-08-04, segila-gilanya aku dengan kopi, tak mampulah mengeluarkan duit sampai USD 11,000.00 untuk membeli satu unit Clover.

2 komentar:

  1. :D

    gimana hidup tanpa kopi ya?

    :-"

    BalasHapus
  2. barangkali seperti makan sirloin steak pakai sumpit;
    atau makan wasabi tanpa sushi;
    atau mungkin punya handphone yang tidak bisa dipakai SMS...

    BalasHapus

what is it?