Jumat, Juli 18, 2008

All Hail Google!

Aku tak pernah menyangka perkembangan sebuah company akan menjadi seperti ini. Dari sebuah aplikasi search engine di internet menjadi penyedia begitu banyak aplikasi online lainnya. Bahkan dengan satu akaun e-mail yang sama, kita bisa memanfaatkan banyak sekali aplikasi gratis (atau untuk layanan premium dengan fee tertentu) yang berguna.

Sekarang ini aku mencoba Google Docs, yang dimungkinkan oleh Google Gears. Ada aplikasi pengolah kata untuk membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi. Hebatnya lagi, semua itu disimpan di salah satu servernya google (pembahasan masalah keamanan data pada posting lain). Jadi katakanlah, kita sedang berkolaborasi membuat sebuah naskah novel (seperti di Amerika, penulis tandem untuk sebuah buku), dengan menyimpan segalanya di web, kita dapat mengakses di mana saja dan kapan saja (asal ada akses internet untuk membukanya pertama kali). Kita juga bisa mengubah isi dokumen, spreadsheet, dan presentasi secara offline. Saat kita online lagi, semuanya akan disinkronisasikan.

Aku bahkan membuat blog ini menggunakan akaun Google Mail-ku.

Dengan semakin banyaknya aplikasi yang memudahkan kita dalam bekerja dan berkreasi, rasanya tidak dapat dibayangkan apa yang akan terjadi bila tiba-tiba kehilangan koneksi internet. Kuharap aku tidak akan mengalaminya lagi.

Sekarang, dengan keinginan Google membuat Android, semakin besarlah kekuatan mereka. (Dan mungkin) semakin mudahlah kita bekerja!

All hail Google!
All hail Google!
Long live Google!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

what is it?